Home

Senin, 21 November 2016

Biji Kakao di Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang


Biji kakao
Kakao atau coklat merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sesuai untuk perkebunan rakyat, karena tanaman ini dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan harian atau mingguan bagi pekebun. Sentra penanaman budidaya kakao di Indonesia diusahakan oleh Perusahaan Perkebunan Negara dan Swasta serta Perkebunan Rakyat. Lokasi Perusahaan Perkebunan skala besar yang diusahakan negara terletak di Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sedangkan Perkebunan rakyat terdapat terutama di Maluku, Irian Jaya, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur.  
Daerah batang sendiri terdapat perkebunan kakao, yang terletak di kecamatan Limpung khususnya di desa Kalisalak, di desa ini memang perkebunan kakao tidak sebesar daerah lain akan tetapi kualitasnya tidak kalah bagusnya. Pohon kakao ini juga banyak ditemukan di sepanjang desa Kalisalak karena sebagian besar penduduk desa Kalisalak memiliki pohon kakao yang berada di dekat rumah. Biasanya kakao ini dijual dalam bentuk biji dengan keadaan yang sudah kering di Pasar Limpung dengan harga per Kg sebesar Rp. 30.000
Tantangan dalam pengembangan kakao antara lain belum berkembangnya Industri  kakao di dalam negeri, kakao diekspor dalam bentuk biji sehingga proses nilai tambah tidak terjadi di dalam negeri. Berbagai kelembagaan petani yang ada belum mandiri dan berfungsi secara optimal, sehingga belum mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada. Belum diterapkannya SNI dan sistem jaminan mutu secara optimal. Pasca panen dan pengolahan kakao masih bersifat tradisional yaitu dengan pengeringan biasa dengan menggunakan panas matahari, sedangkan pengolahan lanjutan (industri kakao) mengolah biji kakao menjadi bubuk / pasta belum ada dan sangat terbuka adanya peluang investasi dalam industri ini.
Untuk meningkatkan nilai tambah kakao sekaligus meningkatkan pendapatan petani kakao dilakukan beberapa pengolahan lanjutan pasca panen. Hasil dari olahan kakao antara lain pasta, lemak, dan bubuk cokelat. Produk ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pada industri makanan, farmasi, dan kosmetika.



1 komentar: