Home

Senin, 21 November 2016

Desa Kalisalak



Desa kalisalak

Desa Kalisalak merupakan sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 224 hektare, Desa Kalisalak terbagi menjadi lima dukuh, di antaranya adalah Dukuh Kalisalak, Dukuh Kalibening, Dukuh Pagotan, Dukuh Kesemen, dan Dukuh Gumingsir. Untuk masing-masing dukuh diwakili oleh seorang kepala dukuh/ kepala dusun.
Jarak Desa Kalisalak ke ibu kota kecamatan berkisar 2 Km, dan dapat ditempuh kurang lebih 10 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jarak Desa Kalisalak ke ibu kota kabupaten berkisar 31 Km dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Desa Kalisalak memiliki batas wilayah sebelah utara yaitu Desa Dlimas, sebelah selatan yaitu Desa Sidomulyo, sebelah timur yaitu Desa Kepuh, dan sebelah barat yaitu Desa Karangtengah. Dilihat dari segi geografisnya, bentang wilayah Desa Kalisalak termasuk dalam kategori dataran rendah.
Kondisi Desa Kalisalak pada umumnya sama dengan desa-desa lain yang terdapat di Kecamatan Limpung. Berdasarkan data kependudukan tahun 2016, Desa Kalisalak memiliki 3277 jiwa penduduk yang terbagi atas 742 kepala keluarga (KK). Dengan ini dapat dihitung jumlah kepadatan penduduk di Desa Kalisalak yaitu 1460 Jiwa/Km2 .
Sebagian besar warga Desa Kalisalak memiliki mata pencaharian sebagai petani dan sebagian warga lain yang tidak memiliki lahan pertanian berprofesi sebagai buruh tani bahkan pedagang keliling. Warga memanfaatkan lahan pertanian di wilayah Desa Kalisalak untuk bercocok tanam. Hasil pertanian Desa Kalisalak pun bermacam-macam, di antaranya adalah padi, jagung, nangka, pisang, sayuran, dan berbagai jenis buah lain. Tak sedikit warga Kalisalak juga memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai lahan menanam tanaman cokelat. Warga biasanya menjual cokelat dalam bentuk biji yang sudah kering.
Mayoritas warga Kalisalak merupakan warga muslim. Terdapat lima masjid dan tiga belas surau atau musala yang tersebar di lima dukuh sebagai tempat peribadahan warga Kalisalak. Sedangkan sarana pendidikan yang terdapat di Desa Kalisalak adalah PAUD, TK, SD dan MI. Terdapat sebanyak empat TK swasta, tiga SD Negeri, dan satu MI di Desa Kalisalak. Beberapa lembaga pendidikan itulah yang diharapkan nantinya dapat menunjang peningkatan sumber daya manusia di Desa Kalisalak.
Itulah gambaran singkat mengenai Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Warga hidup rukun berdampingan tanpa memandang suku maupun status sosial. Kesan ramah yang selalu lekat dengan warga Desa Kalisalak membuat setiap orang yang berkunjung di desa ini merasakan hangatnya rasa kekeluargaan yang selalu diciptakan oleh warga Kalisalak. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar